Business Matching Pendidikan Vokasi dan Industri Nasional Bidang Retail 2024



Kepala SMK Negeri 1 Gandapura M. Yusuf, S.Pd, M.Pd mengeluarkan surat Tugas kepada ibu Julaidar, S.Pd, M.Pd selaku wakasek Bid. Humas untuk menghadiri acara Busines Matching Pendidikan Vokasi-Industri Ritel 2024 yang diselenggarakan pada hari Rabu, 08 Mei 2024 di Ballroom Hotel JS Luwansa, Kota Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan sebagai perwujudan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam menjalankan salah satu amanat Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan pelatihan Vokasi yang diperkuat oleh peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2022 yang mengamantkan tentang perlunya dilakukan link and match melalui kemitraan Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) dan DUDI. 
Kegiatan Busines Matching di awali dengan penandatanganan MoU antara Dirjen Pendidikan Vokasi dan PT Mitra Akademi Perkasa dan Busines Matching Pendidikan Vokasi Nasional Bidang Ritail kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara SPV negeri maupun swasta dengan 30 industri retail dari berbagai sektor Strategi, seperti F&B, Fashion dan Accessories, Hair and Beauty, IT and Gadgets, Art Crafts & Antiques, Departement Store, Supermarket, Home & Furnishing, Convenient Store dll agar bisa berkolaborasi dan bersinergi menemukan potensi yang saling menguntungkan melalui program kemitraan strategis antara lain, rekrutmen, peningkatan, kompetensi, magang, dan lain sebagainya. 
Sebelumnya SMK Negeri 1 Gandapura telah dinyatakan lulus kurasi sebagai peserta INABUYER Expo 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 17 Mei 2024 nanti. Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) yang lulus kurasi antara lain: 
FnB
1. SMKN 24 Jakarta
2. SMKN 6 Jogjakarta

Kopi
1. Polman bandung
2. SMKS Muhammadiyah Tumijajar lampung

Kecantikan
1. SMKN 3 Bogor
2. SMKN 27 Jakarta

Digital Marketing
1. SMKS Wikrama Bogor
2. SMKN 23 jakarta

Fesyen dan Aksesoris
1. SMKN 33 Jakarta
2. ⁠SMKN 32 Jakarta

Kriya
1. SMKN 58 Jakarta
2. SMKN 2 Jepara

Jamu
1. SMKN Taman Fajar Aceh Timur
2. SMK Unggulan Husada Banjarmasin

Parfume
1. SMKS Muhammadiyah 3 singosari
2. SMKN 1 Nawangan

Teh
1. SMKS Muhammadiyah 5 Babat Lamongan

Susu
1.  SMKN Peternakan Lembang
2. SMKN 1 Gandapura

Gula Merah
1.  SMKS Gula Rajawali Madiun